Selasa, Oktober 16, 2018
Login

Pencarian

image image image
90 Siswa SMA Ikut Kompetensi Saka Taruna Bumi Sebanyak 90 siswa dari enam sekolah menengah atas, ikut peningkatan kompetensi Saka Taruna Bumi (Satuan Karya Pramuka Taruna Bumi) yang diadakan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta di Gedung Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jakarta Utara, Kamis (11/10).
Pemprov DKI-YPRI Sepakati Kerja Sama Edukasi Teknologi Robotik Pemeritah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Yayasan Pendidikan Robotik Indonesia (YPRI) menyepakati kerja sama tentang edukasi teknologi robotik di Provinsi DKI Jakarta melalui konsep Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematic (STEAM).
Tim Penilai LSS DKI Tinjau Empat Sekolah di Jakut Empat sekolah sehat unggulan di Jakarta Utara, disambangi tim penilai lomba sekolah sehat (LSS) tingkat provinsi. Empat sekolah tersebut yaitu,TK Budha Tzu Chi di Kelurahan Kamal Muara, SDN 03 Kelurahan Kapuk Muara, SMPN 173 Kelurahan Rawa Badak Utara dan SMKN 4 Kelurahan Rorotan.

SMK di DKI Jakarta Persiapkan Aplikasi UN CBT

Kategori: Berita Terbaru


WARTA KOTA, PALMERAH— Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta menyebutkan, sedikitnya ada 25 SMK Negeri di Jakarta yang telah siap melaksanakan Ujian Nasional Computer Based Test (UN CBT).

Ke-25 sekolah tersebut tersebar di lima wilayah kota DKI Jakarta. Salah satunya adalah SMKN 6 Jakarta Selatan.

Terkait dengan itu, Wartakotalive.com mencoba melihat kesiapan sekolah dalam menyelenggarakan UN CBT mulai dari persiapan fasilitas, hingga kesiapan peserta didik dalam menjalankan UN CBT yang baru pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia.

 

Sudiono, Kepala SMKN 6 Jakarta, ketika ditemui Wartakotalive.com, Selasa (24/2/2015) siang, menyebutkan, di sekolahnya, secara fasilitas sudah siap. Fasilitas yang dimaksud adalah perangkat komputer mulai dari PC, hingga jaringan dan bandwith-nya.

“Sekolah kami merupakan sekolah berbasis informasi, komunikasi, dan teknologi (ICT), beberapa waktu lalu, termasuk sekolah yang mendapatkan bantuan dari Kementerian untuk menjadi pusat ICT, karenanya, dari segi kesiapan komputer sudah mencukupi,” kata Sudiono.

Di sekolah yang terletak di Jalan Profesor Joko Sutono Kebayoran Baru itu, Sudiono menyebutkan terdapat sedikitnya 80-90 komputer yang siap digunakan untuk UN CBT pada April mendatang.

Saat ini, menurut mantan Kepala SMK 27 Jakarta itu, tim IT SMK DKI Jakarta sedang melakukan ujicoba aplikasi UN CBT. Agar nantinya, siswa bisa mulai melakukan tryout UN CBT.

Ia menambahkan, pihaknya sudah menyosialisasikan mengenai UN CBT kepada orangtua dan siswa. Orangtua, diberitahu dengan surat resmi dari sekolah.

Terkait kesiapan siswa, Sudiono mengatakan, ketika diberitahu sekolahnya dipilih menjalankan UN CBT, ada ketakutan dari siswa.

“Wajar karena baru pertama kalinya, karenanya, kami selain menyiapkan siswa dengan berbagai kegiatan seperti pendalaman materi, juga menyiapkan mental siswa,” tambahnya.

Lantas, mengapa mental siswa perlu disiapkan? Hal ini, kata Sudiono, karena siswa mengalami kekhawatiran jika nilainya akan langsung terlihat begitu selesai mengerjakan UN CBT. Di samping itu, katanya, ada juga ketakutan siswa karena soal UN CBT berbeda dengan soal UN menggunakan kertas (Paper based test).

“Terkait dengan kesiapan, kami tenangkan siswa, kemudian, juga dengan kegiatan tryout. Namun, saat ini sekolah masih fokus ke ujian kompetensi keahlian (UKK), baru nanti di awal Maret akan diadakan tryout UN CBT,” katanya.

Hal ini, dimaksudkan agar siswa tidak kesulitan mengerjakan soal UN CBT. Di SMKN 6 sendiri, jumlah siswa yang akan melaksanakan UN CBT sebanyak 276 siswa.

Sementara itu, pantauan Wartakotalive.com di lapangan, anggota tim IT SMK, Pramudiyono, menyebutkan pihaknya telah mengecek kesiapan komputer dan server. Semuanya telah disambungkan dengan server terpusat.

“Saat ini sudah disambungkan, sedang ujicoba aplikasi UN CBT agar bisa dipalai siswa untuk tryout. Nantinya, beberapa hari sebelum UN, tim akan mendownload aplikasi UN CBT dan dimasukan ke komputer masing-masing,” kata Pram.

Ia menyebutkan, ada 3 buah lab komputer yang akan digunakan untuk UN CBT. Masing-masing, terdapat 32 komputer yang sudah terkoneksi pada server pusat. (Agustin Setyo Wardani)

Sumber: Warta Kota

siap

Kalender Pendidikan

Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

Fasilitas Siswa


beasiswajakarta
logo bos
NISN
kartujakartapintar
NPSN
bse logo

 

Radio Streaming

logoradio

 

waradio

requstlagu


suaraedukasi

Pengunjung

1734495
Hari iniHari ini3201
KemarinKemarin4107
Minggu iniMinggu ini7308
Bulan iniBulan ini27722
TotalTotal1734495
Pengunjung online 41

Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta
Jalan Budi Utomo No. 3, Pasar Baru, Ps. Baru, Sawah Besar,
Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950