045738500 1462184175 o TEACHER FOR AMERICA facebook 1

Mulai 11 Juni mendatang, pemerintah Amerika Serikat (AS) akan membatasi visa bagi pelajar asal China yang hendak belajar sains dan teknologi di Negeri Paman Sam, yakni menjadi hanya setiap satu tahun.

 

Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan, sesuai kebijakan baru itu, para petugas konsuler bisa membatasi berapa lama visa berlaku bagi pelajar asal China, dibanding kebiasaan selama ini yang berlaku hingga lima tahun.

Laporan kantor berita Associated Press yang dikutip oleh VOA Indonesia pada Jumat (1/6/2018), presiden Dewan Pendidikan AS Ted Mitchel mengatakan: "kebijakan baru ini buruk bagi lembaga-lembaga pendidikan, dan merugikan bagi bangsa Amerika."

Menurut Mitchel, meski kebijakan tersebut agaknya ditujukan kepada pelajar asal China yang mengejar pendidikan tinggi di bidang teknologi dan sains, namun dampaknya akan merugikan bangsa Amerika Serikat.

"Sangat merugikan bagi kemampuan kita untuk menarik mahasiswa internasional dari seluruh dunia," tambah Ted Mitchel. (sumber : liputan6.com)